Kamis, 18 September 2014

MIO SUSAH HIDUP DI WAKTU DINGIN (Bikin Telat)

Hello para fans, mumpung motor ku mio, jadi hari ini cuma bisa ngejelasin kendala tentang mio doang gan, yang laian insyaallah nyusul deh haha. kendalanya tuh kan ada di judul :v
oh iyaa, pernah ngerasain ngga saat hendak berangkat sekolah lo tergesa-gesa? Jangan lupa biasakan panaskan mesin dulu bukan dengan dibakar ya cukup nyalakan mesin dan biarkan saja, tapi jangan ditinggal kebelakang apalagi kalau depan rumah anda persis dipinggir jalan rawan banget tuh curanmor. baiknya saat memanasi motor ditunggu bisa sambil ngopi atau baca koran nih.

Langsung ke topik ada beberapa hal yang membuat motor saat akan di panasi tidak mau menyala.
dimulai. biasanya sih hanya hal spele, kata temen di bengkel ku ini penyebabnya ;
 1.Aki 
Aki yang tekor bisa membuat kita memaksa untuk genjot selah ,,,keringetan deh kalau nggak nyala-nyala.
aki tekor itu bisa disebabkan hendle rem yang manjer ( nahan ) , jadi lampu belakang itu menyala terus itu          menyebabkan pemborosan listrik , menyebabkan  pengisian aki tidak optimal karena arus listrik mengalir terus.
2.Klep kotor
mulai dari aki sekarang merembet ke klep, klep yang kotor biar manapun kalau distarter sulit untuk digerakkan, perlu di genjot lagi,,,( mari berkeringat-keringat ria )
kejadian seperti pernah menimpa saya, saya coba matikan kontak lalu saya coba kick starter stelah lima kali saya nyalakan setelah itu baru mesin bisa nyala sampai mesin panas ketika mesin mati baru bisa di starter.
pernah nih kejadian kayak gini udah kesiangan,lupa manasin motor ,,, eh tiba-tiba dijalan motor macet .
kepaksa jugakan nggak masuk kerja, bengkelin motor. tunggu seharian habis 10rb. cuma dibersihin.
tapi setelah beberapa hari kumat lagi ,,, aku bawa ke bengkel lagi tapi tetep kerja mas bro .
kali ini di skur ..
sehabis pulang kerja langsung ke bengkel, test . crttttt ,,, brrrrmmm,,, mesin nyala. enteng bro...
habis 50rb. sama ganti per kick starter.
Untuk beberapa hal penyebab mesin tidak menyala seperti busi,karbu dll saya belum pernah alami jadi cukup 2 aja. bisa disambung lain waktu dan semoga mio saya tidak macet. hehehe terimakasih

19 komentar:

  1. assalam mualaykum mas bro,.
    hal inilah yg saya alami saat ini mas..selain buat kantong kering,saya juga dah malu bolak balik ke bengkel mulu.
    lo cuma sebulan sekali sich biasa.
    motor saya juga mio soul,nah disini masalah'nya kalau mesin sudah dingin susah hidup..sampek keringatan dingin kadang engkol tu motor.
    karena di mio karbunya(fakum)sering bermasalah,.maka saya ganti karbu mio saya dengan karbu king.emang sich saat ini motor saya gak menggunakan aki karena dah soak.terkadang karbujuga dingin berkeringat,.seperti es batu kita masukin dalam gelas.

    saya berharap pada postingan selanjut'nya masalah saya terjawab.makasih

    BalasHapus
  2. assalam mualaykum mas bro,.
    hal inilah yg saya alami saat ini mas..selain buat kantong kering,saya juga dah malu bolak balik ke bengkel mulu.
    lo cuma sebulan sekali sich biasa.
    motor saya juga mio soul,nah disini masalah'nya kalau mesin sudah dingin susah hidup..sampek keringatan dingin kadang engkol tu motor.
    karena di mio karbunya(fakum)sering bermasalah,.maka saya ganti karbu mio saya dengan karbu king.emang sich saat ini motor saya gak menggunakan aki karena dah soak.terkadang karbujuga dingin berkeringat,.seperti es batu kita masukin dalam gelas.

    saya berharap pada postingan selanjut'nya masalah saya terjawab.makasih

    BalasHapus
  3. Kalau masalah motor ngga bisa hidup di karenakan karbu, biasanya mesin dalam ke adaan banjir. Apalgi mesin standar di pakein karbu king, bisa-bisa tu motor ngempos
    coba di lakukan setting spuyer

    BalasHapus
  4. Motor saya aneh,sehari aja ga dipake gak nyala nyala, kaki smpe pegel ngengkol tuh motor msh jg kaga nyala, sebeel

    BalasHapus
  5. Kalo karburator bunyi cokscoks kaya bocor tuh gimana gan .
    Kadang kalo Pagi susah d selah 15 menit baru idup itu aja gan teimakasih

    BalasHapus
  6. Pengalaman saya, kalaumesin dingin ada gejala gas kosong, kalau digas malah tu motor mati. Bunyinya cokscoks gtu juga, kayan bersin. Harus dipanasin dulu, klo dah dingin kali mau ampe 5 menit manasinnya.

    BalasHapus
  7. Pengalaman saya, kalaumesin dingin ada gejala gas kosong, kalau digas malah tu motor mati. Bunyinya cokscoks gtu juga, kayan bersin. Harus dipanasin dulu, klo dah dingin kali mau ampe 5 menit manasinnya.

    BalasHapus
  8. kalo saya pagi2 paling berisik,ganggu tetangga gara2 ngengkol my sweet(sporty ex2006) berisik ,gak nyala2 lagi bikin malu.
    terkadang starter otomatis langsung nyala terkadang ngengkol 5mnt ngak nyala2 eh dipencet starter otomatis langsung nyala �� yg paling saya benci penyakit motor ini adalah:
    1.susah nyala walau diengkol.
    2.gas tdk spontan,bikin malu kalo boncengan.
    3.lumayan boros juga.

    tapi penyakit no1 sembuh kalo sudah nyala walau hanya sebentar diengkol langsung normal pake otomatis juga normal jadi bingung sendiri sama my sweet

    BalasHapus
  9. Mesin motor mio sportu susah di hidup kan.meskipun sdh distatef dan kick steter.mohon solusi nyo biar motor mio mudah hidup walaupun diengkol.mksh

    BalasHapus
  10. Kenapa klo motor mio udh di pakai trus di diemin kan adem nah itu klo di nyalain susah. Nyala mh nyala tpi klo di gas ngempos apanya yh?

    BalasHapus
  11. Bengkel mana sih yang bisa? 😅

    BalasHapus
  12. Biasanya saya sering mendapatkan motor yg bermasalah seperti ini

    BalasHapus
  13. Sama penyakit nya. Bener2 motor setan. Udah boros, kalo pagi idupinnya bikin heboh sekost, ini produk yamaha paling spektakuler nyebelinnya

    BalasHapus
  14. Motor saya Mio sporty pagi susah hidup klo sudah hidup kasih mati kontak engkol satu kali langsu hidup apa penyebabnya

    BalasHapus
  15. Motor saya Mio soul karbu kalok pagi2 susah sekali hidupin nya,
    Apalagi kalok mesin dingin gak bisa hidup

    BalasHapus